Jumat, 12 Maret 2010

TULISAN UMUM BAHASA INDONESIA 2 (Bersepeda Itu Modern)

Bersepeda Itu Modern


MENTRI Pemuda dan olehraga Andi A Mallarangeng

menegaskan, anak muda harus menjadi penggerak

penggunaan sepeda sebagai bagian dari gaya hidup modern.

Ia pun mencanangkan tahun ini sebagai tahun Pemuda Bersepeda.



Dalam acara Gebyar Sepeda Menpora 2010 yang diikuti sekitar 5.000 pesepeda akhir pekan lalu, Andi juga pesepeda mengaku bahagia bisa mengumpulkan banyak pesepeda di halaman kantornya. Ia berharap dengan pencanangan ini kegiatan bersepeda dapat menjadi gaya hidup modern di Indonesia.

"Pemuda harus jadi terdepan untuk mendorong bersepeda menjadi sebuah gaya hidup manusia Indonesia modern. Jadi sepeda itu tidak hanya sebagai modal transportasi, tapi juga gaya hidup modern,"

ujar Andi sebelum mengikuti nite ride atau bersepeda malam hari.

Menurutnya, bersepeda membawa banyak manfaat. Selain menciptakan lingkungan bersih dan bebas polusi, bersepeda juga membuat tubuh menjadi sehat dan bersepeda juga menciptakan lapangan pekerjaan.

"Sepeda adalah alat ekonomi Indonesia karena kita negara pengekspor sepeda dunia. Pekerja Indonesia di industri sepeda sangat andal. Kalau makin banyak lapangan kerja, Indonesia makin bersih, sehat, dan makmur." tutur Andi.

Dalam kesempatan itu Andi berharap agar Pemprov DKI dan pemda lainnya mau menyediakan jalur khusus sepeda. "Kepada pemda, kami dorong untuk menyediakan jalur-jalur sepeda. Kami menyuarakan sepeda dan mendorong agar orang menjadi gemar bersepeda, "ujar Andi. Isu penggunaan jalur khusus sepeda sudah bergulir sejak kegiatan bersepeda mewabah kembali di Jakarta sekitar sepuluh tahun lalu, namun hingga kini belum ada realisasinya.
Situs Sepedaku.com, wadah interaksi pesepeda Indonesia di dunia maya mencatat anggota aktif sekitar 23.000 orang. Sekalipun UU Nomer 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkatan Jalan mengamanatkan pembangunan jalur sepeda, Pemprov DKI masih enggan merealisasikannya, antara lain dengan dalih terbatasnya jumlah pesepeda.
Gebyar Sepeda Menpora diisi berbagai kegiatan seperti nite ride, kompetisi dan atraksi sepeda BMX, diskusi mengenai sepeda, dan bazar komponen dan aksesori sepeda. Acara ini juga diikuti 21 komunitas pesepeda di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Semarang dan sekitarnya serta 160 gerai yang menampilkan produsen produk berkaitan dengan sepeda, aksesori, dan komunitas penggiat sepeda.
SUMBER : Warta Kota Senin, 8 Maret 2010.

0 komentar:

Poskan Komentar