Jumat, 27 November 2009

PERILAKU KONSUMEN (TUGAS TULISAN)

Order Sepatu Kuningan Naik
Perajin sepatu di kawasan Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, mengaku bahwa tahun ini pesanan sepatu perorangan sampai pesanan butik makin rame.
Seminggu ada pesanan samapi 100 pasang " kata H Prayitno dari Pernas Shoes di Jalan Genteng Hijau (belakang kampus STIE Perbanas), Kuningan Jakarta Selatan " Seminggu rata-rata ada pesanan 50 pasang sepatu. pelanggan kebanyakan butik-butik yang ada di mal-mal, yang merintis pembuatan sepatu sejak 1984 pesanan sepatu sempat anjlok dari 1998 sampai 2007, tahun-tahun kemarin sempat membaik dan tahun 2009 mulai membaik lagi.
umumnya mereka menerima pesanan tanpa memandang jumlah, baik pesanan dari perorangan untuk dipakai sendiri maupun pesanan untuk dijual di butik-butik. Konsumen perorangan kebanyakan mahasiswa dan karyawan, pemesanan dilakukan dengan cara memberikan gambar atau sepatu (biasanya diambil dari internet) atau contoh sepatu yang sudah jadi. Sepatu model apa saja bisa dipesan disini kebanyakan sepatu untuk kerja. Prayitno membuat sepatu perempuan mulai dari ukuran 32 sampai 44 dan sepatu laki-laki 37 sampai 48. "Ada pelanggannya tang rutin memesan sepatu ukuran 48 "katanya.
Inilah salah satu keunggulan perajin sepatu yang berada dibelakang kampus STIE Perbanas. Segala model, bahan, dan warna dipesan sesuai keinginan konsumen dan pesan satu pasang pun diterima ucap Prayitno.
Lama pemesanan sepatu itu bisa satu minggu sampai dua minggu, atau tergantung banyak order. kebanyakan sepatu produk mereka tidak diberi merk. Kalau pemesan yang minta (sepatu pesanannya) diberi label biasanya akan menjualnya kembali "butik langganan saya ambil sepatu seharga Rp.70.000 dan menjualnya lagi dengan harga sampai tiga kali lipat kata Prayitno.
Selain memiliki bengkel sendiri para perajin itu juga memiliki toko untuk memajang produknya. "Ada juga pelanggan yang datang untuek membeli sepatu yang sudah jadi", ucap Prayitno.
Maka dari artikel diatas kita dapat ambil kesimpulan bahwa prilaku konsumen cenderung menyukai produk pesanan sesuai dengan apa yang ia inginkan dengan kualitas yang baik dan harga yang cenderung mudah dijangkau, apalagi kebanyakan para pelanggannya mahasiswa.
Artikel ini diambil dari : Warta Kota edisi kamis 19 november 2009

0 komentar:

Poskan Komentar