Minggu, 21 Februari 2010

TULISAN UMUM BAHASA INDONESIA 2 (Gigi Keropos Bisa Menjalar ke Jantung)

Gigi Keropos Bisa Menjalar ke Jantung
Hampir semua masalah gigi disebabkan oleh pengeroposan. Proses pengeroposan disebabkan mulut dalam kondisi asam. Penyebabnya antara lain rokok dan makan makanan/minuman tertentu.
Pengeroposan gigi bisa dicegah. Caranya, antara lain dengan banyak makan makanan yang memicu keluarnya saliva atau air ludah lebih banyak. Seperti buah dan sayur-sayuran, dan menghindari makanan dan minuman yang manis.
Pengeroposan gigi, terutama pada anak-anak, tidak hanya terjadi di Indonesia saja tapi juga di belahan dunia lain. Diperkirakan, sekitar 48 persen anak-anak dibawah usia empat tahun, giginya sudah keropos. "Di Indonesia angka pastinya belum ada, tapi tidak terlalu jauh," kata drg Rosa Rai Djalal saat menjadi pembicara pada peluncuran pasta gigi di Jakarta.
Ia menambahkan, pengeroposan gigi lebih kecil terjadi pada anak-anak yang tinggal di pedesaan. "Di pedesaan, mereka lebih banyak makan sayur dan buah yang bisa membersihkan gigi karena karena mengeluarkan saliva lebih banyak. Sementara anak dikota lebih banyak makan makanan mengandung gula lebih tinggi, kata istri Dino Patti Djalal Juru Bicara Presiden Susilo Bambang Yudoyono ini.
Namun bukan berarti kesehatan gigi anak yang tinggal di pedesaan lebih bagus. Kendati makanan yang dikonsumsi lebih sehat. Perhatian akan pentingnya kebersihan gigi kurang. Akibatnya, kesehatan gusinya terganggu.
Penyebab pengeroposan gigi pada anak perkotaan juga disebabkan oleh kebiasaan minum susu formula. "Susu banyak kalsium tapi juga gula. Seharusnya setiap minum susu diakhiri dengan minum air putih sehabis minum susu masih kurang," kata drg Rosa.
Agar terhindar dari penyakit gusi dan pengeroposan gigi, perlu pendidikan kesehatan gigi sejak usia pra TK sampai SD, menjaga kesehatan gigi terutama saat ibu sedang hamil, selain juga rutin menggosok gigi secara teratur dan benar. Gigi keropos bisa berdampak infeksi gigi dan merusak syaraf. Infeksi gigi bisa juga merusak organ tubuh yang lain, seperti jantung,.
Pada kesempatan itu, Rosa juga mengingatkan agar saat hamil, seorang ibu hatus memperhatikan makanan untuk tumbuh tulang dan gigi. Terutama mengonsumsi makanan yang mengandung fosfor, fluor, dan kalsium. Untuk mendapatkan gigi anak yang sehat harus dimulai saat masih dalam kandungan.
SUMBER : Warta Kota Minggu 21 Februari 2010.

0 komentar:

Posting Komentar